Membuat Judul Berita yang Menarik (1)


Selama bertahun-tahun menjadi wartawan, saya selalu memikirkan judul yang menarik untuk pembaca. Sangat mubazir kiranya jika menulis berita, tetapi tidak ada orang yang tertarik membacanya. Salah satu faktor yang membuat orang ingin membaca berita adalah karena judulnya.
Gaya penulisan judul bermacam-macam. Beberapa penulis lebih suka menulis terlebih dulu sampai selesai  lalu memberi judul. Sumber judul biasanya dari kata-kata yang ada dalam tubuh tulisan. Kata-kata atau kalimat yang dianggap menarik diangkat menjadi judul.
Beberapa penulis lain justru menulis judulnya dulu, baru menulis. Tapi untuk menemukan judul, penulis tetap harus membaca bahan-bahan yang ada. Dari bahan yang sudah masuk itulah, penulis menentukan judul.
Saya melihat banyak trik yang dipakai penulis dalam membuat judul:
Pertama, berita yang dimuat di on line, sering menggunakan beberapa kata khas seperti Ini Dia, Terbaik, Termahal, Paling Syur, Top, Mengapa, Apa Dibalik… dan sebagainya. Kata-kata ini bisa menarik pembaca yang penasaran dengan apa yang ada di sekitar mereka.  
Misalnya:          Inilah Sepuluh Rumah yang Paling Mahal
                        Wanita Paling Syur
                        Mengapa Anak Suka Ngompol?
                        Apa Dibalik Penolakan Pengusaha
Kedua, penulis seringkali menggunakan kata yang terkait dengan penderitaan atau kematian untuk membuat judul. Contoh: Tewas, Dibunuh, Meninggal, Tenggelam dan sebagainya. Judul ini berorientasi mengangkat tragedi sebagai fokus cerita. Manusia pada hakekatnya mempunyai perhatian kepada penderitaan sesamanya. Itulah sebabnya ketika menulis sebuah tragedi seperti bencana alam, kapal tenggelam dan sebagainya, penulis berita cenderung membuat judul dari sisi tragedi
Misalnya:
Kapal Tenggelam, 100 Orang Tewas lebih menarik dibandingkan  Kapal Tenggelam di Selat Malaka
Perampok Bunuh Pembantu di Tangerang lebih menarik dibandingkan Perampok Gasak Rumah di Tangerang
  
Ketiga, penulis juga sering menghubungkan dengan seks pada judul. Ini juga merupakan salah satu kiat membuat judul yang menarik. Maklum kalau sudah soal seks, pembaca terus penasaran.
Misalnya:
Bawang Putih Bisa Meningkatkan Libido Pria lebih menarik daribada Bawang Putih Bisa Meningkatkan Kesehatan Pria.
Pembantu Sintal Jadi Korban Pembunuhan lebih menarik dibandingkan Pembantu Wanita Jadi Korban Pembunuhan.
Begitu dulu ya, nanti diskusi kita lanjutkan. (Rihad Wiranto)
happy wheels

Share this post.

PinIt

terima kasih atas komentar Anda