Cara Kerja Wartawan Koran Sehari-hari

Banyak mahasiswa yang datang ke kantor kami, menanyakan bagaimana redaksi menentukan berita yang akan dimuat. Pola penentuan berita yang akan dimuat berbeda-beda tergantung media masing-masing. Secara singkat bisa saya jelaskan cara kerja di redaksi koran harian, berikut ini.

1. Pada pagi hari, para redaktur mengadakan rapat untuk memantau peristiwa. Redaktur kemudian memberi arahan kepada reporter untuk meliputnya. Pada peristiwa khusus, redaktur akan membuat penugasan tertulis.

Pada jaman sekarang, alat komunikasi sangat membantu pelaksanaan rapat. Redaktur yang tak bisa datang ke rapat bisa mengirim perencanaan berita yang dibuat melalui email, blackbarry atau yang lain.

2. Reporter kemudian meliput peristiwa di lapangan. Saat ini, wartawan sudah dibekali dengan alat kominikasi yang canggih, sehingga mereka bisa langsung mengirim berita tak lama setelah peristiwa terjadi  kepada para redaktur. 

3. Pada sore, redaktur berkumpul lagi untuk menentukan berita yang akan dimuat di setiap halaman. Redaktur bertanggungjawab untuk menentukan berita apa yang cocok untuk halaman masing- masing.

Sebagai contoh redaktur ekonomi akan memuat sebagai headline berita soal kemiskinan, berita kedua membahas  perbankan, berita ketiga menulis soal usaha kecil dan sebagainya.

4. Setelah itu redaktur akan mengedit tulisan reporter dan mengatur pemuatan di halaman masing-masing. Redaktur akan melengkapi foto dan grafis jika diperlukan. Dengan berbagai kelengkapan tadi, redaktur bertanggungjawab untuk menampilkan setiap halaman semenarik mungkin.

5. Berita yag sudah diturunkan di setiap halaman kemudian diolah lebih lanjut diolah oleh bagian layout. Setiap layouter bekerja sama dengan redaktur tulis  dan redaktur foto untuk membuat penampilan halaman seindah mungkin.

6. Selain diedit oleh redaktur halaman, tulisan juga diedit oleh redaktur bahasa. Redaktur bahasa bertabggungjawab tentang tata bahasa, pengejaan, dan memastikan penggunaan koma, titik dua, huruf besar secara benar.

7. Setelah halaman sudah jadi, untuk memastikan tampilan, masing-masing halaman akan dicetak kemudian ditempel di dinding. Redaktur akan melihat sekali lagi tampilan terakhir sebelum dikirim ke percetakan.

8. Selain redaktur, ada juga pengawas lain yang memantau proses penggarapan halaman. Pemimpin redaksi, wakil pemimpin redaksi, redaktur pelaksana juga ikut memantau. Tugas pemantauan sebenarnya ada di redaktur pelaksana, tapi lebih banyak yang mengawasi tentu lebih baik.

9. Tahap terakhir adalah pencetakan halaman di kertas koran.

Begitulah cara media melakukan pekerjaan sehari-hari. Semoga bermanfaat. (Rihad Wiranto)

happy wheels

Share this post.

PinIt

terima kasih atas komentar Anda